Bagaimana kita bisa memperkirakan AC tipe dan seri yang sesuai dengan kebutuhan pada ruangan. Tentu saja hal tersebut akan berkaitan dengan besaran kapasitas pada Air Conditioner atau AC nantinya. Besaran kapasitas pada AC biasa dikenal orang dengan sebutan PK.

Adalah hal yang sudah lazim terdengar di telinga kita jika orang menyebut AC ½ PK, 1 PK atau 2 PK. Dimana yang dimaksud adalah seberapa besar tenaga yang bisa keluar dari dalam sebuah mesin AC itu sendiri. PK adalah singkatan dari Paard Kracht yang merupakan satuan untuk menyatakan power yang dimiliki oleh AC tersebut.

Tentunya sebagai satuan yang tenaga atau power maka PK memiliki rumus-rumus tertentu dalam perhitungannya. Jika diartikan dengan bahasa kita Paard Kracht atau PK adalah tenaga kuda atau Horse Power (HP). Dalam ilmu fisika tentang energi pemakaian satuan tenaga kuda atau Horse Power tersebut sudah sangat lazim.

Rumus Perhitungan Paard Kracht atau PK pada AC

Lalu bagaimana cara untuk menghitung kebutuhan kapasitas PK AC yang akan kita beli dan gunakan nantinya? Cek dibawah ini untuk mengetahuinya.

Dengan Luas Ruangan

Karena besarnya kapasitas PK pada AC nantinya akan memberikan pengaruh pada seberapa kuat udara dingin mampu dialirkan pada ruangan maka berapa luas dari ruangan tersebut juga menjadi komponen penghitungan. Rumusnya adalah sebagai berikut dengan memakai asumsi tinggi ruangan pada umumnya sekitar 3 meter.

▪ Rumus PK : Panjang ruangan x lebar ruangan x 500

Hasil dari perhitungan menggunakan rumus diatas akan dinyatakan dalam satuan BTU (Bio Thermal Unit).

Konversi Pada Satuan

Sebenarnya yang dimaksud dengan BTU hampir sama dengan PK yang menyatakan berapa kapasitas tenaga AC yang akan dihasilkan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat konversinya seperti dibawah ini.

▪ 1 PK = 735,5 Watt, atau bisa dibulatkan menjadi 750 Watt

▪ 1 PK = 0,986 Horse Power (HP), bisa dianggap juga bahwa 1 PK hampir setara dengan 1 HP

▪ 1 HP = 1 PK = 9000 BTU

▪ ½ HP = ½ PK = 4500 BTU

Contoh Perhitungan Kebutuhan PK pada AC untuk Ruangan

Untuk lebih jelas maka akan diberikan cara menghitung PK AC agar bisa sesuai dengan besarnya ruangan.

Rumus dasar = panjang x lebar x 500

Jika ukuran ruangan adalah 4 x 3 meter maka untuk mengetahui kapasitas PK AC adalah :

4 x 3 x 500 = 6000 BTU, maka setidaknya AC yang akan dibeli memiliki kapasitas ¾ PK

Hal tersebut didasarkan pada rumus perhitungan dibawah ini :

– 5000 BTU = AC ½ PK

– 7000 BTU = AC ¾ PK

– 9000 BTU = AC 1 PK

– 12.000  BTU = AC 1,5 PK

– 18.000 BTU = AC 2 PK

– 24.000 BTU = AC 2,5 PK

Hal Lain yang Harus Diperhatikan

– Jika ruangan berada di tempat yang tidak terlalu panas atau lumayan teduh maka akan bisa mengurangi kebutuhan sekitar 10% dari kapasitas BTU atau PK yang dibutuhkan

– Sebaliknya jika ruangan berada di tempat yang selalu terkena sinar matahari sehingga cukup panas maka akan menambah kebutuhan BTU sebesar 10%

– Perhitungkan daya listrik yang akan digunakan untuk AC agar bisa berjalan maksimal pengoperasiannya.

Service AC Dumai akan membantu masalah pendingin ruangan dengan menyediakan berbagai jenis dan pilihan AC. Silahkan menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih jelas.