Air conditioner atau yang biasa disebut AC oleh orang-orang adalah sebuah teknologi yang mampu mendinginkan ruangan. Teknologi seperti AC ini sangat cocok sekali jika digunakan di negara tropis seperti Indonesia. Produsen AC banyak berasal dari luar negeri seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Merek AC yang terkenal juga ada banyak seperti Panasonic, Daikin, Carrier, dan lain sebagainya. Saat membeli AC, akan ada banyak sekali pertimbangan seperti, merek ac, fitur yang diberikan, kehematan daya, hingga PK. Apa itu PK?

Mungkin Anda telah mendengar istilah ini dan mengerti sedikit tentang konsepnya hingga Anda bisa mengatakan kalau ruangan ini tidak cocok dengan PK sekian namun, tidak banyak tahu arti sebenarnya dari PK dan bagaimana cara menghitung PK yang benar.

Ulasan Berikut:

  1. Apa Arti Kata PK Dalam Air Conditioner?
  2. Rumus Menghitung PK Dengan Benar

Apa Arti Kata PK Dalam Air Conditioner?

Arti Istilah PK

PK adalah kata dari singkatan Paard Kracht yang dalam Bahasa Inggris berarti Horse Power atau tenaga kuda dalam Bahasa Indonesia. Secara luas, PK berarti daya yang dihasilkan oleh pendingin ruangan tersebut untuk bisa mendinginkan ruangan. Karena itu, banyak orang mengatakan “Ruangannya tidak dingin, pasti AC ini hanya 1 PK” yang berarti AC tersebut tidak punya cukup tenaga untuk mendinginkan ruangan tersebut.

Ukuran PK

Dalam 1 PK, biasanya akan memakan energi sebesar 750 watt dan 1 PK sama dengan 0,986 Horse Power. Ukuran PK dalam AC ada banyak, antara lain ½ PK atau setara dengan 5 ribu BTU/h, ¾ PK yang sama dengan 7 ribu BTU/h, 1 PK yang kurang lebih 9 ribu BTU/h, 1½ PK yang setara dengan 12 ribu BTU/h, dan 2 PK yang hampir sama dengan 18 ribu BTU/h. Lalu apa itu BTU?

Arti BTU

BTU adalah singkatan dari British Termal Unit yang menunjukkan satuan sebagai kesejukan udara yang dihasilkan dari suatu AC sedangkan BTU/h berarti British Termal Unit per Hour atau kesejukan yang dihasilkan AC dalam satu jam. Hasil BTU per jam dapat dilihat dari ukuran PK seperti yang telah dijelaskan di atas. Batas maksimal BTU yang dimiliki oleh AC adalah sebesar 18 ribu BTU/h dengan 2 PK.

Rumus Menghitung PK Dengan Benar

Menentukan PK AC untuk sebuah ruangan tidak bisa asal saja. Ada perhitungan yang harus Anda lakukan agar menemukan daya sejuk yang cocok untuk ruangan yang ingin Anda pasangkan AC. Rumusnya sangatlah mudah di mana Anda hanya perlu menghitung nilai BTU saja.

Lalu, Bagaimana rumus menghitung BTU tersebut? Berikut adalah rumusnya:

BTU = luas ruangan x 500

Contohnya, luas ruangan Anda adalah 5 x 4 meter. Maka perhitungannya adalah:

BTU = p x l x 500 = 5 x 4 x 500 = 10.000 BTU

Dari hasil tersebut, coba Anda lihat daftar PK di atas, maka Anda akan melihat bahwa nilai 10.000 BTU mendekati 1 PK yang berarti masih memungkinkan untuk memasang AC dengan 1 PK di ruangan 5 X 4 meter.

Mengenal istilah PK dan menghitung PK untuk ruangan yang akan tempati memang tidak mudah karena Anda harus sedikit mengukur ruangan tersebut namun, Anda bisa berkonsultasi dengan CV Astro yang menjual berbagai jenis pendingin ruangan dengan merek terkenal dan berkualitas. Selain itu,Service AC Dumai juga banyak menyediakan jasa pemasangan AC, perbaikan AC, hingga pencucian AC.