Para pengguna AC, pernah menemui hembusan angin AC kurang kencang, bahkan pelan. Hal ini sangat wajar dan disebabkan oleh berbagai faktor yang akan dibahas pada ulasan kali ini. Sebelum masuk ke pembahasan, tidak ada salahnya jika mengetahui dampak jika hembusan angin AC tidak kencang.

Salah satu dampaknya yaitu terjadi pengumpalan es di bagian evaporator indoor unit. Sehingga, hawa dingin dari AC tidak maksimal. Oleh karena itu, wajib bagi pengguna maupun teknisi mengerti penyebab hembusan AC yang terlalu pelan. Agar lebih mudah untuk melakukan langkah-langkah perbaikan.

Ulasan Berikut:

  1. Faktor Penyebab Angin AC Tidak Kencang
    1. Pengaturan Speed Kipas Fan yang Terlalu Rendah
    2. Evaporator Pada Indoor Unit Kotor
    3. Baling-Baling Kipas Kotor
    4. Kapasitor Fan Lemah
    5. Motor Dinamo Lemah

    Faktor Penyebab Angin AC Tidak Kencang

    Pengaturan Speed Kipas Fan yang Terlalu Rendah

    Sering kali pengguna tidak menyadari jika ternyata menggunakan pengaturan speed kipas fan pada posisi terendah. Akibatnya, hembusan angin yang muncul terlalu pelan dan AC menjadi kurang dingin. Oleh karena itu, sebelum memanggil teknisi AC dengan permasalahan ini cek terlebih dahulu apakah telah menggunakan pengaturan remote AC dengan benar.

    Evaporator Pada Indoor Unit Kotor

    Evaporator yang kotor juga bisa menyebabkan semburan angin AC tidak kencang. Karena, kotoran entah debu atau lendir yang menempel pada evaporator dapat mengganggu perputaran kipas fan. Sehingga, hembusan angin yang dikeluarkan pada kipas tersebut semakin pelan. Untuk menyelesaikan masalah ini harus dilakukan over houl indoor unit atau service besar.

    Baling-Baling Kipas Kotor

    Sama seperti evaporator yang kotor, jika baling-baling kipas kotor pasti motor dinamo juga menjadi berat saat memutar kipas tersebut. Ini artinya, hembusan angin yang diperoleh juga ikut sedikit karena kipas berputar terlalu pelan. Oleh karena itu, wajib untuk rutin membersihkan AC. Selain AC agar tetap awet juga supaya baling-baling kipas tersebut selalu bersih.

    Kapasitor Fan Lemah

    Kapasitor letaknya menempel pada PCB modul. Berfungsi menyimpan arus listrik dan menggerakkan motor dinamo. Jika kondisi komponen ini sudah tidak normal sehingga tenaga yang diperoleh motor dinamo untuk memutar baling-baling kipas tidak maksimal. Solusinya, harus mengganti kapasitor tersebut.

    Motor Dinamo Lemah

    Alat ini merupakan komponen penting dari segala permasalahan hembusan angin pada AC. Karena dari motor dinamo, angin pada indoor unit untuk menyebarkan hawa dingin ke seluruh bagian ruangan. Sehingga, jika alat ini lemah maupun tidak normal, semburan angin maupun hawa dingin akan berkurang ketika AC hidup.

    Untuk mengatasinya bisa dengan menggulung ulang dinamo tersebut, namun hal ini tidak disarankan. Karena jika di gulung ulang juga tidak akan bertahan lama, jadi alangkah baiknya jika diganti saja dengan yang baru.

    Nah, inilah berbagai faktor yang menyebabkan hembusan angin AC terlalu pelan. Semoga ulasan di atas dapat membantu dan menambah pengetahuan pada mesin air conditioner.

    Salah satu permasalahan yang sering ditemui oleh pengguna AC, yaitu hembusan angin yang kurang kencang merupakan permasalahan yang sering terjadi. Berbagai faktor penyebab permasalahan ini telah dijabarkan diatas.

    Dari setiap penyebab, telah dijelaskan pula bagaimana cara untuk mengatasinya. Jika ingin membeli produk AC Daikin yang asli dan terjamin kualitasnya, percayakan hanya pada Service AC Dumai. Terdapat berbagai merk AC tersedia disini. Service AC Dumai hadir dengan harga bersaing, namun tetap dengan barang berkualitas.

    Percayakan selalu kebutuhan AC hanya pada Service AC Dumai! Service AC Dumai merupakan pilihan tepat berbelanja kebutuhan AC baik untuk kebutuhan rumah maupun kantor. Buktikan pelayanan terbaik dari Service AC Dumai