Air conditioner atau AC merupakan salah satu benda elektronik yang keberadaannya dinilai cukup penting terutama dalam menghalau cuaca panas dari dalam ruangan. Karena itu, banyak orang yang memasang AC ini di dalam tempat tinggalnya agar udaranya menjadi lebih sejuk. Namun, seperti benda elektronik yang lainnya, AC ini pun kerap mengalami masalah.

Salah satu masalah yang sering muncul ialah freonnya yang lekas habis. Freon ini adalah bahan pendingin yang utama di dalam AC. Jika Freon tersebut habis atau kurang, tentunya AC tidak akan bisa menghasilkan sensasi dingin seperti yang diharapkan. Dalam kondisi normal, Freon membutuhkan beberapa waktu sampai harus diisi lagi. Tapi bagaimana jika Freon baru saja diisi dan tidak lama setelahnya habis? Tentu ini akan mengakibatkan pemborosan. Karenanya, Anda perlu melakukan semacam penyelidikan kecil untuk mengetahui kenapa kok hal tersebut bisa terjadi. Namun umumnya yang menjadi penyebab Freon  AC ini lekas habis adalah sebagai berikut.

Penyebab Freon AC Lekas Habis

Terjadinya Kebocoran pada Pipa AC

Kemungkinan penyebab yang pertama ialah terjadinya kebocoran pada pipa AC. Walaupun sebenarnya pipa AC Anda tidak mempunyai sambungan, perlu diketahui bahwasanya pipa tersebut juga bisa mengalami kebocoran terutama jika kondisinya memang sudah tidak layak untuk dipakai. Tanda yang sering muncul saat pipa tersebut mengalami kebocoran diantaranya adalah ada rembesan oli dan bercak hitam. Jika memang hal ini yang terjadi, sebaiknya Anda tidak mengambil langkah penyambungan atau mengelas pipa tersebut karena hal ini bisa membuat pipa menjadi lekas bocor kembali. Sebaiknya Anda pakai pipa AC yang tebal dan sesuai dengan PK AC tersebut supaya kebocoran tidak terjadi lagi.

Kondensor Pipa Unit Outdoor Mengalami Kebocoran

Kemungkinan penyebab yang kedua ialah kondensor pipa yang unit outdoor mengalami kebocoran. Hal ini sering sekali terjadi akibat usia, dimana AC yang usianya sudah lama bagian kondensor pipa tersebut akan berkarat dan keropos sehingga berujung pada kebocoran. Diantara ciri-cirinya ialah tampak seperti ada minyak keluar layaknya oli. Nah, kalau ini yang terjadi, Anda diperbolehkan untuk mengelas titik bocor tersebut.

Kebocoran yang Terjadi pada Evaporator Unit Indoor

Sama seperti kondensor pipa yang sebelumnya, kebocoran yang terjadi pada evaporator unit indoor ini bisa diakibatkan oleh usia. Apabila usianya memang sudah tua, tidak heran juga jika evaporator jadi berkarat dan akhirnya bocor. Cara menanganinya juga sama seperti kondensor pipa yang bocor, yaitu dengan melakukan pengelasan pada titik yang bocor tersebut.

Kondisi Sambungan Pipa yang Kurang Rapat

Kemungkinan penyebab Freon AC lekas habis yang selanjutnya ialah kondisi sambungan pipa yang kurang rapat. Seperti yang Anda tahu bahwasanya pada pipa instalasi AC ada sambungan yang menjadi penghubung antara unit outdoor atau indoor. Sementara itu, wujud Freon itu sendiri adalah gas, sama seperti udara. Sehingga jika dalam proses penyambungan pipa dilakukan secara sembarangan dan tidak rapat, maka ini bisa menyebabkan Freon menjadi keluar dan lekas habis. Jika sambungan pipa memang agak longgar, Anda bisa mengatasinya dengan mengencangkan sambungan tersebut. Tetapi jika pipa tersebut sampai pecah, maka jelas Anda harus menggantinya dengan pipa yang baru. Jika Anda tidak bisa mencari penyebab Freon yang lekas habis seperti itu, sebaiknya Anda memanggil teknisi saja supaya kemudian bisa dilakukan langkah penanggulangannya. Nah, kalau Anda ingin membeli unit AC yang baru karena berbagai alasan, Anda bisa menghubungi Service AC Dumai. Service AC Dumai ini sudah menyediakan AC dengan berbagai merk sehingga Anda bisa memilihnya dengan leluasa.