4 Kemungkinan Penyebab dan Cara Mengatasinya AC Berbau Tidak Sedap

Setiap pemilik rumah disarankan untuk membersihkan tempat tinggalnya dengan baik dan detail. Selain untuk alasan kesehatan, saran ini diberikan juga untuk alasan kenyamanan, salah satunya adalah demi mencegah munculnya bau-bau yang tidak sedap. Namun, pernahkah Anda mengalami masalah dimana Anda baru saja membersihkan rumah tapi bau tidak enak itu tetap saja ada?

Jika iya, maka Anda perlu curiga bahwa bau tidak enak tersebut berasal dari AC. AC yang berfungsi sebagai pendingin ruangan juga bisa mengeluarkan bau tidak sedap setelah dipicu oleh berbagai hal. Tentunya, cara untuk mengatasinya juga disesuaikan dengan pemicunya tersebut. Untuk lebih jelasnya, coba simak yang berikut ini.

4 Penyebab AC Berbau tidak Sedap dan Cara Mengatasinya

Adanya Pengaruh dari Blower Indoor

Penyebab yang pertama ialah adanya pengaruh dari blower indoor yang ditempatkan di luar ruangan. Maksudnya adalah, ada kemungkinan bahwa blower indoor tersebut menghisap sesuatu yang bisa menimbulkan bau tidak sedap muncul seperti bangkai hewan dan sampah. Untuk mendapatkan kebenarannya, silahkan Anda cek blower indoor ini. Coba lihat apakah di sana benar-benar ada sesuatu yang berpotensi menimbulkan bau atau tidak. Jika memang ada, silahkan Anda bersihkan dengan cermat supaya bau bisa segera menghilang.

Pengharum Ruangan

Banyak orang yang menggantungkan pengharum ruangan di depan AC, makanya kemungkinan penyebab AC bau yang kedua ialah pengharum ruangan. Bagaimana pengharum ruangan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap? Hal ini akan terjadi apabila pengharum ruangan itu sudah lama tidak Anda ganti atau bahkan sudah habis masa kadaluarsa-nya. Makanya pengharum ruangan itu jadi apek sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Cara untuk mengatasinya sudah jelas, silahkan Anda ingat-ingat kapan Anda memasang pengharum ruangan tersebut. Atau Anda bisa langsung mengecek masa kadaluarsa-nya. Jika memang pengharum ruangan yang dimaksud sudah kadaluarsa, segera ambil, buang lalu gantikan dengan pengharum ruangan yang baru.

Ruangan Terlalu Lembab

Ruangan yang terlalu lembab juga bisa membuat AC tampak seolah-olah mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sampai saat ini, ruang yang lembab bisa membuat udara yang dihasilkan oleh AC menjadi tidak enak. Umumnya, pemicu dari kelembaban ruang yang tinggi ini adalah ventilasi yang tertutup secara penuh dan jarang atau bahkan tidak pernah dibuka sama sekali. Itu sebenarnya adalah tindakan yang kurang baik. Karenanya, disarankan untuk Anda mematikan AC pada saat sedang keluar ruangan. Sebagai gantinya, silahkan Anda buka jendela atau pintu ruangan tersebut. Kalau Anda melakukan hal ini secara rutin, pastinya bau tidak sedap tidak akan pernah melanda ruangan Anda. Kalaupun ruangan sudah terlanjur lembab dan berbau, silahkan Anda matikan sejenak AC tersebut lalu buka pintu atau jendela. Setelah Anda merasa bau-bau yang tidak enak tadi hilang, silahkan tutup kembali pintu dan jendela lalu silahkan nyalakan kembali AC.

Debu

Penyebab AC bau yang lainnya ialah debu. Debu adalah partikel yang mudah sekali menempel pada filter AC yang ditempatkan di bagian dalam rumah. Selain menempel pada filter, debu juga bisa menempel pada evaporator. Debu-debu yang menumpuk ini bisa menghalangi hembusan udara dan itu jelas tidak baik untuk kesehatan Anda. Karena itu, disarankan untuk Anda membersihkan filter AC setidaknya setiap seminggu sekali. Sementara untuk bagian evaporator, Anda bisa membersihkannya setiap tiga bulan sekali. AC ini harus benar-benar dijaga dan dirawat dengan baik. Selain untuk menunjang kenyamanan Anda di dalam ruangan, juga tidak berbahaya untuk kesehatan Anda. Anda bisa menghubungi Kami jika menginginkan jasa servis dan maintenance AC.