Tinggal di kota yang panas dan terik saat siang hari membuat Anda membutuhkan AC. Air conditioner atau yang biasa disingkat AC merupakan teknologi yang sangat berguna saat ini karena bisa mendinginkan ruanganHampir setiap rumah saat ini memiliki AC. Berbagai merek AC juga dijual di pasaran, seperti Panasonic, Daikin, TCL, dan lain sebagainya.

Semua merek tersebut pastinya menawarkan berbagai kelebihan yang mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Memasang AC yang tidak tepat dengan rumah Anda tentu tidak akan nyaman bagi Anda dan keluarga. Sebenarnya Anda hanya perlu mengikuti 6 tips berikut ini agar dapat memilih AC yang tepat.

Tips Memilih AC yang Tepat

Lihat Kebutuhan Anda

Jenis AC ada banyak sekali, ada yang bisa dipindahkan seperti AC Portable dan ada yang dipasang di tengah ruangan seperti Ceiling Cassette. Dalam rumah biasanya menggunakan AC Split namun, ada juga yang menggunakan Standing Floor. Hotel yang memiliki ruangan besar menggunakan AC Central. Bagaimana dengan kebutuhan Anda? Apakah Anda ingin AC yang bisa dipindahkan atau AC yang dibutuhkan untuk ruangan yang besar? Pemilihan AC yang tepat sangat bergantung dari kebutuhan Anda sendiri.

Perhatikan Ukuran PK

Luas ruangan sangat mempengaruhi pembelian AC karena setiap AC memiliki ukuran PK. Makin besar nilai PK maka semakin dingin AC tersebut. Ukuran PK pada AC ada banyak, yaitu ½ PK, ¾ PK, 1 PK, 1½ PK, dan 2 PK. Ruangan dengan luas 10 m2 tidak akan cocok jika Anda menggunakan AC 2 PK, Anda akan sangat kedinginan di dalam ruangan tersebut. Sebaliknya, Anda juga akan kepanasan bila berada di ruangan 30 m2 dengan AC ½ PK.

Cari Fitur yang Memang Dibutuhkan

Semakin maju teknologi, semakin berkembang juga fitur AC. Ada AC yang bisa mati sendiri jika tidak ada orang, ada fitur plasmacluster atau pembersih udara dalam ruangan. Anda tidak perlu menggunakan fitur AC yang mati otomatis jika ruangan tersebut memang selalu dipenuhi orang. Fitur plasmacluster juga tidak Anda butuhkan bila Anda sudah memiliki pembersih udara.

Desain yang Lebih Sederhana

AC tidak akan selamanya dingin karena terjadi penumpukan kotoran di AC yang akhirnya membuat udara dari AC lebih panas. Kalau sudah begini, Anda harus membersihkan AC tersebut. Anda bisa memanggil jasa pembersih AC namun, Anda juga bisa membersihkan sendiri jika desain yang Anda beli lebih sederhana.

Pilih yang Lebih Hemat Listrik

Coba Anda lihat iklan produsen AC di berbagai media. Pasti semuanya menawarkan AC yang hemat listrik tetapi, hanya sedikit yang benar-benar bisa menghemat pemakaian listrik Anda. Karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan daya listrik atau Watt dari AC yang akan Anda beli. Lihat perbandingannya dengan AC yang lain.

Tentukan Uang Anda

Harga setiap AC berbeda-beda tergantung dengan tipe dan ukuran PK dari AC tersebut. AC yang besar tentu harganya akan lebih mahal. Sebelum membeli, ada baiknya Anda lihat terlebih dahulu uang yang telah Anda sisipkan untuk membeli AC tersebut. Jangan juga membeli AC yang terlalu murah namun, mereknya tidak dikenal. Memilih AC yang cocok untuk rumah memang agak sulit tetapi kalau Anda sudah menemukan AC yang sesuai dari segala aspek, Anda pasti akan sangat nyaman dengan rumah Anda. Untuk membeli AC yang berkualitas dengan harga murah serta mendapatkan pelayanan yang terbaik, Anda bisa membuka website di serviceacdumai.net.