Hal Buruk yang Mungkin Timbul Jika AC Jarang Dibersihkan atau di cuci

Kebanyakan orang menganggap bahwasanya AC hanya bisa difungsikan sebagai alat untuk mendinginkan ruangan saja. Anggapan tersebut memang tidak keliru, hanya saja perlu diketahui bahwasanya AC juga bisa membantu membuat kualitas udara menjadi lebih baik. Fungsi AC dalam memperbaiki kualitas udara ini bisa saja hilang apabila AC jarang dibersihkan.

Akibatnya akan ada cukup banyak hal buruk yang bisa mengganggu kesehatan Anda, karena Anda menghirup udara yang tidak berkualitas sama sekali. Selain mengganggu kesehatan tubuh, AC yang dibiarkan dalam kondisi kotor juga bisa memperpendek usia AC tersebut sekaligus bisa berdampak tidak baik pada ruangan dimana AC ditempatkan. Adapun penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut.

Dampak Negatif Jika AC Jarang Dibersihkan

AC Bisa Lebih Cepat Rusak

Bagian AC yang rentan kotor ialah filter. Jika filter AC ini tetap dibiarkan dalam kondisi seperti itu, maka aliran udara yang berlangsung pada unit AC akan menjadi terganggu. Hal ini jelas akan memicu AC untuk rusak dan Anda sebagai pemilik tentunya harus mengeluarkan biaya untuk reparasi. Atau bahkan jika kerusakan itu sudah sangat parah, mungkin Anda harus membeli AC yang baru nantinya.

Bisa Menyebabkan Penyakit Legionaires

AC kotor juga bisa menyebabkan penyakit Legionaires. Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama Legionella pneumophie yang ditandai dengan adanya gejala seperti demam tinggi dan juga batuk. Selain itu, terkadang juga diikuti dengan sakit kepala, rasa lelah serta nyeri tubuh. Jika penyakit ini terus dibiarkan maka lama-lama bisa menyebabkan komplikasi. Penyakit Legionaires ini mempunyai hubungan dengan AC terutama AC central yang tidak dibersihkan secara rutin.

Sick Building Syndrome

Sick building syndrome itu sendiri dipercaya karena jamur serta berbagai mikroorganisme lain dibiarkan berkumpul serta menumpuk pada sistem pendingin sehingga turut bersirkulasi pada udara yang dihirup manusia. Gejala yang muncul pada sick building syndrome ini diantaranya adalah sakit kepala, iritasi pada bagian kulit serta sulit untuk bernafas.

Gangguan pada Sistem Pernafasan

Gangguan lain yang biasa muncul akibat AC kotor adalah gangguan pada sistem pernafasan. AC yang tidak dibersihkan secara rutin, terutama bagian filternya akan menjadi tempat yang bagus bagi para aneka macam bakteri serta debu dan kotoran-kotoran lainnya. Jika hal ini terus dibiarkan, besar kemungkinan bakteri dan kotoran tersebut akan turut terhirup oleh hidung. Akibatnya bisa menimbulkan gangguan pada sistem pernafasan, entah itu alergi ataupun infeksi. Selain itu, bagi para penderita asma juga bisa kambuh penyakitnya jika berada dalam ruangan yang AC-nya kotor seperti itu.

Bisa Meningkatkan Kelembaban

AC yang bersih dan masih bisa berfungsi norma tentu bisa menjaga kelembaban udara dalam ruangan dengan baik. Namun, AC yang kotor tidak bisa menjalankan peran tersebut. Justru sebaliknya, AC yang kotor seperti ini bisa mengacaukan pengaturan kelembaban sehingga ruangan akan menjadi lebih lembab dan muncul jamur di beberapa bagian ruangan. Kelembaban yang tidak teratur dan kemunculan jamur seperti itu jelas akan membawa dampak yang tidak baik untuk kesehatan, terutama sistem pernafasan. Karenanya membiarkan AC bekerja terus menerus tanpa dibersihkan secara rutin bukanlah suatu tindakan yang bijak. Proses membersihkan AC itu sebenarnya sangat mudah. Anda bahkan bisa melakukannya secara mandiri tanpa bantuan orang lain. Hanya saja jika Anda takut untuk melakukannya, sebaiknya Anda memang memanggil pihak yang sudah ahli dalam hal membersihkan AC. Dalam hal ini, Anda bisa memilih untuk menghubungi Service AC Dumai yang sudah berpengalaman dalam bidang service dan maintenance AC.